Luar Biasa! Produk Unik Hasil Anak Bangsa Ini Sangat Inovatif

Sejoli pengamat tanah air, Ayip Budiman beserta Adhi Nugraha berkolaborasi dengan Rumah Sanur Creative Club Hub turut meramaikan dalam perhelatan Chiang Mai Design Week 2017 yang dilangsungkan pada 6 hingga 10 Desember 2017 lalu. Bertempat di Lanna Folklife Museum, Ching Mal, sejumlah desain profesional asa Indonesia mengusung tema bambooina, tentu saja ini adalah merupakan salah satu “gagasan tradisi” untuk membuat hal-hal yang bersifat tradisional menjadi berkesinambungan.

Para ahli desain Indonesia yang juga di-support oleh Thai Airways juga memperlihatkan sebelas merek barang yang menggunakan bambu. Setiap peranti yang ditampilkan ialah hasil inovasi dari bahan bambu, bahan yang melimpah secara luas dan telah digunakan dalam waktu beberapa abad di tanah air, dikonversi menjadi merk yang berfungsi serta kekinian.

1. Dalanrata Bamboo Bicycle Karya Singgih S. Kartono dari brand SPEDAGI

Sepeda yang didesain dari Singgih S. Kartono berikut memiliki desain yang eksentrik, diciptakan khusus untuk sepeda jalan dengan ban berkaliber 700cm yang besar menjadikan sepeda lebih gesit di lintasan yang datar untuk perjalanan lama sekaligus nyaman ditunggangi pada lintasan perkotaan.

2. Bamboo Violin Buatan Andar Bagus Sriwarno

Tidak sebatas fokus pada aspek rancangan serta kontur, pengembangan biola bambu sekaligus dalam beberapa hal ruang, yakni bagian akustik, penempatan dagu, sandaran bahu dan bilik pada pukulan busur. Untuk memastikan biola bambu memproduksi suara yang pas, Andar Bagus bekerja sama dengan pengkaji yang berasal dari departemen Teknik Fisika dan Teknik Elektro.

3. Bamboo Tableware Karya Handhyanto Hardian & People of Belu produk LELOQ

Leloq merupakan brand yang dihasilkan dari kolaborasi antara desainer dan penduduk daerah Belu, NTT. Kerja sama ini ialah bagian dari acara IKKON oleh BEKRAF di Indonesia Wilayah Timur yang bertekad untuk memajukan nilai-nilai sekaligus memakmurkan nilai brand kerajinan lokal serta pelayanan rekreasi desa.

4. Pendant Lamps, Acoustic Amplifier Buatan Rosyid Akhmadi dari produk MOHOI

Mohoi adalah brand berbagai tipe lampu, semisal lampu meja, lampu gantung yang dibuat dengan hand made dan customer made menggunakan bahan bambu sekaligus desain mutakhir. Walaupun dengan bahan konvensional. Mohoi masih menekankan sisi kreatif serta motif yang cantik.

5. Taskunibags Ciptaan Adi Nugraha & Paivi Punamaki dari brand Navetta Design Studio

Rancangan dari Taskunibags perpaduan material kuat serta soft, seperti bambu serta tekstil. Pemilihan 2 komponen itu bukan tanpa sebab, tekstil selanjutnya menyesuaikan bentuk ke tubuh pengguna, sedangkan panel bambu lalu melindungi beberapa barang bawaan.

6. Chair, Pendant Lamps & Stationery dari brand FASA

Rancangan yang sederhana dengan material yang otentik ialah karakteristik dari FASA. Tak rumit untuk memasangkan FASA bersama interior lainnya ini dikarenakan konsepnya yang tak lekang oleh waktu, sehingga cocok untuk tema apapun.

7. Coconization Karya Adhi Nugraha dari produk Navetta Design Studio

Orang tanah air zaman dahulu mengandalkan tempurung kelapa dan bambu untuk membentuk mangkuk, cangkir, sendok, dan perabot dapur lainnya. Dewasa ini, produk yang dibuat dari tempurung kelapa serta bambu telah berangsur-angsur memudar pada aktifitas manusia, dialihkan oleh plastik serta barang industri massal lainnya. Perabotan Coconization bertujuan dalam “menghidupkan” kembali bambu ke keseharian modern masa kini.

8. Ouboo Karya Harry Anugrah Mawardi/ Firman Mutaqin dari brand Amygdala

Ouboo mempunyai dedikasi mendekatkan bambu kepada keseharian kaum masa kini. Dalam rancangannya Ouboo tak jarang menggabungkan bambu bersama material lainnya. Semisa dalam ekshibisi berikut, Ouboo mengkombinasikan bambu dan kanvas. Desain yang minimalis dan komposisi yang natural, membuat
perabot Ouboo lebih berkualitas, dari aspek konsep sekaligus kegunaan.

9. Tapir Translucent Lamp, Dali Stationery Buatan Arif Rachman dari produk ALUR BAMBOO

Alur Bamboo merupakan merk yang memproduksi beberapa perabotan hiasan rumah yang terdiri dari bambu. Buatan Alur Bamboo merupakan buah eksplorasi dan kolaborasi material antara perajin dan penata dari Tasikmalaya. Kolaborasi ini menghasilkan produk anti mainstream yang mengkolaborasikan konsep serta fungsi modern dengan finishing tradisional.

10. Muskel & Navajo Bags Karya Rico Doni Sagita dari brand Amuraka

Muskel & Navajo Bags menampilkan pembaharuan melalui kolaborasi antara 2 komposisi yakni bambu dan kulit. Ciptaannya yaitu item fashion seperti tas yang khas akan tetapi tetap kental dengan sentuhan tradisi.

11. Bluetooth Speaker Karya Rizky Faesal dari produk Tung

Speaker bluetooth eksklusif tersebut tergerak dari budaya pos ronda (ngeronda) di Indonesia yang identik dengan kentongan dalam alat komunikasi masyarakat. Nah, desain tersebut dituangkan pada speaker bluetooth portable.

12. Airsoft Gun

Sudahkah kamu mengerti mengenai berbagai pistol layaknya pistol yang dioperasikan oleh tentara, atlet, atau senjata mainan? nah selain pistol yang mebutuhkan peluru timah dan bisa membunuh, ada yang namanya airsoft gun. Airsoft gun artinya senjata yang menggunakan udara atau CO2 untuk penekan anak bedil. Selain airsoft gun juga terdapat yang namanya airgun atau senjata angin dimana biasanya digunakan dalam berburu hama. Airsoft gun tergolong dalam senjata hobi atau sekedar olahraga, yang sering digunakan oleh peminat hobi shooting.

Itulah sejumlah produk kreatif buatan anak bangsa yang harus Anda miliki, semoga sebelas merk di atas mampu membuka pikiran Anda saat menciptakan produk unik lainnya yang kian inovatif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *